Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Pengabdian Jurusan Akuntansi PNB Sasar Bali Utara

Semenjak digeolontorkannya dana desa oleh pemerintah pusat, pihak pemerintah desa banyak yang bekerja sama dengan lembaga lain seperti perguruan tinggi dengan tujuan untuk mengatur secara teknis tatacara pengelolaan keuangan desa. Dana desa merupakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukkan bagi desa dan desa adat yang ditransfer  melalaui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, serta pemberdayaan  dan kemayarakatan.

Bentuk kerja sama ini diaplikasikan dalam bimbingan teknis yang bertemakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Desa, Pajak, dan Bumdes di Desa Banyuwatis Buleleng, yang dilaksanakan  tanggal 29 Maret 2019 di kantor desa setempat. Hadir selaku nara sumber dalam kesempatan ini yakni, I Komang Sugiarta, SE, M.M.A, Dr. I Nyoman Darmayasa, S.E., M.Ak,Ak.,BKP, Drs. Ec. I Wayan Karman,M.Acc., AK, dan Dr.Ir. I Made Suarta, S.E, M.T., yang masing-masing membawakan materi tentang pengelolaan dana desa, perpajakan, akuntansi BUMDes, dan manajemen BUMDes.

Bimtek sehari ini selain menghadirkan staf desa juga melibatkan lembaga pemerintahan desa seperti, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta tokoh masyarakat yang kompeten di bidang ini. Kepala Desa dalam sambutan pembukaan menyatakan  bangga atas pengabdian dosen Politeknik Negeri Bali, karena kesempatan ini sangat jarang dilaksanakan oleh pihak pemerintahan desa. Dalam kesempatan lain, Drs. Ec. I Ketut Sukayasa,M.Com., Ak, selaku Pembantu Direktur II Politeknik Negeri Bali  dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan bimbingan teknis yang digelar merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi,  berupa pengabdian masyarakat, yang dilaksanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali,  dilaksanakan secara marathon di seluruh desa yang ada di Bali.