Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

PNB Gandeng Kota Denpasar dalam Bimtek

pengabdian_kota_dps_2019

Upaya pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan yakni dengan memberikan keputusan bagi pemerintah yang berada di desa. Upaya itu tercetus dalam badan yang disebut dengan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). BUMDes sendiri merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian permodalannya berasal dari desa. Modal yang disisihkan nantinya bisa dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan ataupun meningkatkan pelayanan masyarakat yang baik.

Kuncinya adalah pengelolaan dari pihak desa yang baik. Aset yang dimilikinya bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan benefit. Benefit inilah yang secara tidak langsung akan menjadi tonggak utama dalam menambah pendapatan desa.
Politeknik Negeri Bali, selaku lembaga pendidikan  ikut berkontribusi dalam hal kemajuan pemerintahan desa yakni dengan menyelenggarakan  Bimbingan Teknis Pengelolaan Aspek Akuntansi dan Pajak pada Bumdes Se-Kota Denpasar,  27 Juni 2019 bertempat di Gedung Graha Santi Denpasar.  Tujuan  bimtek ini selain untuk mengaplikasikan tridarma perguruan tinggi juga untuk mempererat hubungan yang hormonis dengan lembaga lain.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Politeknik Negeri Bali, Ketua Jurusan Akuntansi, Ketua Unit  Penelitian P3M,  dosen jurusan akuntansi serta peserta yang diambil dari unsur pengelola BUMDES di Denpasar dan para nara  sumber yang sebagian besar dari staf dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Pengelolaan bumdes yang benar berimbas pada meningkanya perekonomian desa. Ini menandai jika desa mengalami kemajuan di berbagai sektor. Pasalnya, banyak hal yang bisa dibangung setelah badan usaha yang dibentuk bisa memberikan benefit tinggi.