Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Bimtek Pengelolaan Dana Desa Diapresi di Desa Abuan

Pemahaman mengenai pengelolaan dana desa di desa menjadi aspek penting dan mendasar yang harus dimiliki para pemangku kepentingan di level pemerintah desa (pemdes), khususnya perangkat desa dalam mewujudkan  transparan  dan akuntabilitas  keuangan desa. Prinsip dasar pengelolaan keuangan desa dimulai dari tahap perencanaan sampai dengan pelaporan  dan pertanggungjawaban keuangan desa serta tugas dan tanggung jawab para pejabat pengelola.

Demikian benang merah bimtek yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi bertempat di Kantor Prebekel Desa Apuan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Bimtek ini dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2019. Dalam kesempatan tersebut hadir  seluruh perangkat desa, pengurus BUMDes dan juga perwakilan dari LPM dan BPD sebanyak 20 orang beserta, Ketua Jurusan Akuntansi PNB, dan kepala pengabdian P3M Politeknik Negeri Bali. Bagi peserta, kegiatan ini dirasa sangat penting, karena kegiatan semacam ini sangat jarang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan seperti Politeknik Negeri Bali.

Melalui bimbingan teknis ini pemahaman dari semua peserta tentang tugas dan fungsinya terhadap pengelolaan keuangan desa semakin baik. Di samping itu, peserta memahami  teknis, mekanisme, prosedur, dan termasuk aplikasi sistem keuangan  desa.
Bagi Jurusan Akutansi PNB, bimtek yang dilaksanakan di  Kabupaten Bangli ini  sudah dilaksanakan  untuk kedua kalinya. Bimtek yang berlangsung  selama  satu hari ini menampilkan  nara sumber dari Jurusan Akuntansi, yaitu I Nyoman Sugiarta, S.E., M.M.A, I Dewa Made Partika, S.E. M.Com, B.K.P., Drs. Ec. I Wayan Karman, Ak. M.Acc., dan Dr. Dra. Ni Nyoman Aryaningsih, M.M.

Menurut Ketua Jurusan Akutansi, Dr. Nyoman Sentosa Hardika, Ak., M.M. bahwa kegiatan bimtek yang diselenggarakan di Desa Apuan adalah salah satu tridarma perguruan tinggi yakni darma di bidang  pengabdian masyarakat. Kegiatan ini selain untuk mengamalkan ilmu yang didapat di kampus juga untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang keberadaan lembaga vokasi yang ada di Bali.