Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Jurusan Akuntansi PNB Bekali Mahasiswa dengan Dunia Bisnis dan Manajemen

Kunjungan industri merupakan kegiatan rutin bagi mahasiswa   Politeknik Negeri Bali sebagai tuntutan kurikulum untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan mengenai dunia bisnis dan manajemen. Dengan demikian, kunjungan yang singkat ini diharapkan mahasiswa  dapat menjadi lulusan yang profesional. Untuk menjadi lulusan yang profesional tentu dibutuhkan banyak keterampilan terutama yang berkaitan dengan dunia bisnis dan manajemen.

Tahun ini kunjungan industri  mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali diikuti oleh 292 mahasiswa dan 12 dosen pendamping, berlangsung tanggal 20 sampai dengan 25 Agustus 2019 di Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang. Beberapa industri yang menjadi basis kunjungan adalah Kementerian Keuangan RI, khususnya ke Direktorat  Jenderal Pajak, PT Yakult Indonesia Persada, kebun teh di Bandung, kunjungan studi ke Politeknik Negeri Semarang dan industri lainnya. Dipilihnya Kemeneterian Keuangan RI sebagai kunjungan utama, karena kementerian ini sangat terkait dengan bidang kompetensi mahasiswa yakni  Jurusan Akuntansi, misalnya masalah perpajakan atau laporan keuangan. Sebagai mahasiswa, selayaknya bagi mahasiswa tidak hanya memahami  teori yang ada, namun juga ikut andil dalam meninjau lapangan yang sebenarnya. Oleh karena itu  mengadakan kegiatan kunjungan industri, diharapkan mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan melakukan pengamatan atau percobaan.

Kunjungan industri bisa diartikan  sebatas melakukan observasi pada suatu industri saja. Melakukan pengamatan dan tanya jawab kepada narasumber secara langsung. Selain itu dengan diadakannya kegiatan kunjungan industri ini, diharapkan mahasiswa mengetahui lebih jauh bagaimana sebenarnya dunia usaha atau dunia industri itu dijalankan. Selain itu kegiatan kunjungan industri juga sebagai simulasi dunia bisnis dan manajemen yang nyata agar nantinya mahasiswa terbiasa ketika benar benar terjun di dunia bisnis dan manajemen. Di sisi lain, pihak PNB juga menginginkan adanya dampak jangka panjang dari diselenggarakannya kegiatan kunjungan industri ini salah satunya dalam rangka penyaluran para lulusan yang professional dan memiliki kemampuan yang produktif dan siap bersaing di dunia bisnis dan manajemen.