Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Pajakku

Tahun ajaran  2020 Juusan Akuntansi akan membuka program studi baru, yakni Program Studi Perpajakan untuk diploma 4. Langkah-langkah persiapan sudah lama dilaksanakan. Mengingat manfaat akan pajak begitu penting, Jurusan Akuntansi PNB menyelenggarakan pelatihan pajak dengan topik Pajakku di kampus setempat. Kegiatan  ini berlangsung dari tanggal 23 sampai dengan tanggal 28 September 2019. Pelatihan dengan sasaran mahasiswa  semeseter VI untuk D3 dan semester VIII untuk mahasiswa D4 dengan berfokus pada materi bagaimana menghitung, membayar, dan melaporkan pajak Pph 21/26, Pph 23, Pph 4 ayat 2, Pph15 dan Pph 22, Pph OP, Ppn put, Pph E-faktur, dan Pph 1771 badan.

Sebagai narasumber pelatihan adalah dari Rekanan DJP, PT Mitra Pajakku, Jakarta berjumlah sembilan orang. Ketua Jurusan Akuntansi dalam sambutannya menyatakan bahwa ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika membayar pajak. Meskipun tak bisa dirasakan langsung, namun bisa melihatnya. Itu bisa dilihat dari berbagai pembangunan infrastruktur yang didanai oleh negara. Pajak itu adalah sumber utama penerimaan negara yang mana digunakan untuk membangun negara itu sendiri. Setidaknya 70% pendapatan negara berasal dari pajak. Tanpa pajak, sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan. Selain digunakan untuk pembangunan, penggunaan pajak juga dilakukan untuk belanja pegawai. Oleh karena itu, pajak menjadi ujung tombak pembangunan suatu negara.

Pajak juga digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran negara seperti yang bersifat self liquiditing. Contohnya adalah pengeluaran untuk proyek ekspor barang. Ada juga pengeluaran yang diharapkan memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat seperti untuk pengairan dan pertanian.