Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Pengelolaan Dana Desa Beraban Ikuti Regulasi Pemerintah

Masyarakat Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan boleh berbangga karena penganggaran dana desa dinas dan desa adat dikelola secara kolaborasi, artinya jika dana dinas dirasa kurang mencukupi dialihkan ke dana adat. Demikian benang merah yang mengemuka dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana Desa, Pajak dan Bumdes di Kantor Prebekel Desa Beraban Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Jumat 22 November 2019.

Ketua Jurusan Akuntansi PNB dalam sambutannya menekankan pentingnya bimtek bagi pengelola dana desa adalah agar dalam pelaporan keuangan dan pembayaran pajak dapat berjalan secara tepat dan benar, sehingga desa mempunyai pedoman yang baku dalam pengelolaan keuangan desa yang semakin kompleks. Pada kesempatan yang lain, Prebekel Desa Beraban dalam sambutannya merasa sangat bersyukur dengan kehadiran dosen Politeknik Negeri Bali karena dapat berbagi ilmu khususnya yang terkait dengan pelaporan keuangan, pajak, dan bumdes. Lebih lanjut dijelaskan, bahwa dalam pengelolaan dana desa sudah mengikuti regulasi pihak pemerintah, sehingga pengelolaan dana desa siap diperiksa setiap saat. Berdasarkan kesepakatan pemerintah desa dengan kabupaten Tabanan, pengelolaan wisata Tanah Lot lebih banyak dikelola oleh adat, hal ini ditempuh karena sangat membantu kesejahteraan masyarakat. Namun, bila anggaran dana desa dirasa belum cukup akan diambilkan dari anggaran desa adat.

Hadir sebagai pembicara dalam kesempatan itu adalah Dr. Ir. I Made Suharta, S.E., M.T. dan Ketut Arya Bayu Wicaksana, S.E., M.Si., Ak. dengan matari Pengelolaan Dana Desa, I Dewa Made Partika, S.E, M.Com., BKP dengan materi Perpajakan dan Dr. Dra. NI Nyoman Aryaningsih, M.M. dengan materi Bumdes. Kegiatan sehari ini menghadirkan peserta dari pegelola keuangan di desa yang diambil dari staf desa dan perwakilan masing-masing banjar yang ada di lingkungan Desa Beraban.