Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Strategi Pengelolan Dana Desa di Lembongan

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali mempunyai peran penting dalam hal strategi pengelolaan dana da desa yang nilainya cukup tinggi, khususnya dalam hal laporan pertanggungjawaban keuangan yang bersumber pada alokasi dana desa. Pengabdian masyarakat bagi Jurusan Akuntansi yang dikemas dalam bimbingan teknis (bimtek) dilaksanakan di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung merupakan kegiatan yang terakhir untuk tahun 2019. Kegiatan ini terfokus pada pengelolaan dana desa, pajak, dan Bumdes, dilakukan sehari menampilkan nara sumber.

Hadir sebagai pembicara dalam kesempatan itu adalah I Nyoman Sugiarta, SE.,M.M.A. dengan matari Pengelolaan Dana Desa, Dr. I Nyoman Darmayasa, SE., M.Ak,Ak.,BKP dengan materi Perpajakan dan I Made Ariana,SE.,M.Si., Ak.,CA dengan materi Bumdes. Kegiatan sehari ini menghadirkan peserta dari pegelola keuangan di desa yang diambil dari staf desa dan perwakilan masing-masing banjar yang ada di lingkungan Desa Lembongan.

Direktur PNB I Nyoman Abdi, S.E. M.eCom. dalam pembukaan bimtek di Desa Lembongan menyatakan, PNB sebagai lembaga pendidikan merupakan kewajiban memberikan pengabdian di seluruh wilayah desa yang ada di Bali. Kegiatan tersebut merupakan perluasan cakupan kegiatan PKM yang tidak hanya dilakukan di dekat dengan lokasi kampus. Kegiatan ini dianggap penting karena seluruh desa di Indonesia, khususnya di Bali diberikan kesempatan mengelola dana desa. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembinaan agar pengelolaan dana desa, perpajakan, dan bumdes bisa menjadi lebih sempurna.