Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

Pengabdian kepada Masyarakat melalui Relawan Pajak

Akuntansi dapat dikatakan berkaitan erat dengan perpajakan. Pajak merupakan iuran wajib yang dibayarkan oleh masyarakat kepada negara untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat umum yang nantinya dinikmati secara tidak langsung oleh masyarakat. Dalam halnya membantu program pemerintah, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali (PNB) mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) wilayah Bali.

Relawan pajak ini berjumlah 40 orang yang  berasal dari mahasiswa Jurusan Akuntansi PNB semester 4 dan 6 yang sebelumnya mengikuti seleksi terlebih dahulu. Sebelum kegiatan ini berlangsung, mahasiswa diberikan pelatihan oleh DJP selama dua hari. Setelah diberikan pembekalan, mahasiswa kemudian ditempatkan di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kerobokan yang bertempat di Kelan serta Mall Bali Galeria (MBG). Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Februari hingga 31 Maret 2020.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh relawan pajak ini adalah membantu melayani masyarakat khususnya Wajib Pajak (WP) dalam menyampaikan e-filling, pembuatan kode billing, aktivasi efin, hingga konsultasi tentang masalah perpajakan lainnya. Di sini diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu pengetahun yang dimiliki dalam bentuk terjun langsung ke masyarakat sebagai bentuk kepedulian melalui edukasi pajak.

Dilihat dari antusiasme WP, mereka mengaku terbantu dengan adanya relawan pajak. Selain lebih efektif, WP juga diarahkan untuk melaporkan sendiri Surat Pemberitahuan (SPT), sehingga mengetahui bagaimana prosesnya. (redman)

Tags: realawan pajak