Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Jurusan Akuntansi - Politeknik Negeri Bali

Webinar Nasional Perpajakan 2020

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali (PNB) yang berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan juga Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) mengadakan webinar terkait dengan strategi penerapan insentif perpajakan dan aspek akuntansi di era new normal. Dalam webinar ini menghadirkan 3 pembicara di masing-masing instansi tersebut. Acara yang dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE.,M.eCom diikuti oleh 731 orang dari seluruh Indonesia dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan Youtube yang dipandu oleh moderator yang sekaligus menjadi ketua panitia webinar ini Wayan Hesadijaya Utthavi, SE., M.Si.

Ani Natalia sebagai pembicara pertama selaku Kepala Sub Direktorat Humas KP DJP menjelaskan bagaimana insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah dalam mengantisipasi dampak ekonomi pada saat Covid-19. Adapun bentuk insentif yang diberikan seperti Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21 dan PPh final Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ditanggung oleh pemerintah, pembebasan pasal 22 impor, pengurangan angsuran PPh pasal 25 sebesar 30%, dan juga pengembalian pendahuluan PPN sebagai PKP berisiko rendah bagi wajib pajak (WP) yang menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) lebih bayar dengan restitusi paling banyak 5 miliar rupiah.

Setelah pembicara pertama menyampaikan materi, webinar dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh I Made Sujana, SE., MSi., Ak., CA., BKP selaku ketua IKPI cabang Bali. Beliau menjelaskan beberapa materi yang salah satunya terkait dengan bagaimana tata cara pengajuan insentif PMK-44 tahun 2020 yang dapat diajukan oleh masyarakat tetapi sesuai dengan ketentuan PMK tersebut.

Dr. I Nyoman Darmayasa, BKP, CA, CADE, CAAT, CPMA, CPA selaku dosen Jurusan Akuntansi PNB merupakan pembicara ke-3 webinar tersebut, dimana materi yang dibawakan terkait dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). PSAK yang dijelaskan adalah PSAK 1, PSAK 8, PSAK 14, PSAK 16, PSAK 24, PSAK 57, PSAK 58, PSAK 71, PSAK 72, dan juga PSAK 73 yang tentunya berkaitan dengan aspek akuntansi di era new normal. Selain berbicara tentang PSAK, beliau juga menyampaikan bagaimana latar belakang Covid-19 yang mewabah ke Indonesia dan berdampak besar pada sektor perekonomian.

Selain kolaborasi webinar ini, DJP juga bekerjasama dengan Jurusan Akuntansi PNB dalam membuka tax centre dan melibatkan mahasiswa sebagai relawan pajak. "Webinar Nasional ini merupakan salah satu bentuk sinergi kerjasama berkelanjutan antara PNB, DJP dan IKPI yang dipersembahkan kepada masyarakat termasuk juga pada Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Yang mana Peminat webinar ini sangat luar biasa dari berbagai daerah di Indonesia." ujar I Nyoman Abdi, SE.,M.eCom selaku Direktur PNB. (redman)

Tags: webinar

Go to top of page