Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Jurusan Akuntansi - Politeknik Negeri Bali

Webinar Nasional Jurusan Akuntansi PNB Sebagai Media Link and Match Politeknik Negeri Bali dengan SMK se-Indonesia

Dalam rangka mewujudkan SMK unggul dalam bingkai rumah vokasi, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali (PNB) menyelenggarakan Webinar Nasional dan Training of Trainer. "Akuntansi Pemerintahan dan Aspek Perpajakannya", merupakan tema yang diusung pada kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut diklasifikasikan menjadi dua rangkaian, yakni Webinar Nasional pada hari Senin, 3 Agustus 2020 melalui platform Zoom serta Training of Trainer pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2020.

Acara dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE, M. eCOM selaku Opening Speech 1 dan sekaligus dibuka secara resmi oleh Direktur SMK Kemendikbud RI, Dr.Ir.M.Bakruin,M.M. selaku opening speech 2.

Link and match atau kolaborasi antara Pendidikan Vokasi salah satunya Politeknik Negeri Bali dengan SMK se-Indonesia untuk mewujudkan SMK unggul dalam bingkai rumah vokasi, merupakan prakata yang disampaikan oleh Direktur SMK Kemendikbud RI.

 

Diikuti oleh Guru SMK se-Indonesia, anggota IAI, dan masyarakat umum
Jenis pencatatan transaksi keuangan dalam akuntansi meliputi basis akrual dan basis kas kemudian dilanjutkan dengan menjabarkan laporan keuangan pada sektor pemerintahan, penjelasan mengenai Akuntansi Pemerintahan oleh Ketut Arya Bayu Wicaksana, SE, M.Si., Ak.

Aspek perpajakan dalam Akuntansi Pemerintahan meliputi kewajiban perpajakan instansi pemerintah, belanja barang, belanja jasa, belanja jasa konstruksi, belanja sewa tanah dan bangunan, serta belanja tenaga orang pribadi dibawakan oleh Dr. I Nyoman Darmayasa, BKP, Ak, CA, CADE, CAAT, CPMA, CPA.

"Peserta datang dari Aceh sampai Merauke dalam Webinar Nasional ini menjadi suatu kebahagiaan yang luar biasa bagi Politeknik Negeri Bali dengan jumlah oleh 727 peserta. Semoga apa yang sudah dikerjakan oleh panitia dengan kerja keras, dengan terbaik yang kita sajikan bisa berkontribusi, Politeknik Negeri Bali dalam rangka vokasi kuat, menguatkan Indonesia. Kita yakin bahwa SMK bisa unggul, maka politeknik akan semakin kuat. Kalau SMk dan Politeknik semakin kuat, SDM unggul Indonesia maju dan bisa kita capai," ujar I Nyoman Abdi, SE, M. eCOM selaku Direktur Politeknik Negeri Bali. (redman)

Tags: webinar, akuntansi pemerintahan, perpajakan, vokasi

Go to top of page