Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Jurusan Akuntansi - Politeknik Negeri Bali

Lomba Akuntansi X dan Accounting and Tax Competition VII

Lomba Akuntansi X tahun 2020 dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi untuk mencetak generasi berkualitas yang unggul di bidang akuntansi dan meningkatkan daya saing mahasiswa yang mengambil tema “Lampaui Batasan, Giatkan Kemampuan, serta Jadilh Akuntan yang Berintegritas dan Berkualitas”.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring yang terdiri dari 63 orang peserta. Dewan juri dalam kegiatan ini berjumlah 19 orang diantaranya 18 orang juri internal yaitu dosen jurusan akuntansi Politeknik Negeri Bali dan 1 orang juri ekternal yang merupakan anggota dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Bali.

Acara ini telah disiapkan selama kurang lebih 1 bulan, dimana dana yang di dapat bersumber dari penggalian dana, kontribusi peserta dan sponsorship. Lomba Akuntansi X yang diadakan secara online ini telah berjalan dengan baik pada hari Selasa, 24 November 2020.

Lomba Akuntansi X terdiri dari 2 babak yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Babak Penyisihan dimulai pukul 09.30-10.30 WITA dengan pengawasan melalui Google Meet dan soal diakses melalui Google Form. Babak Penyisihan berjalan lancar sesuai rencana yang telah ditentukan, namun lomba daring tidak lepas dari kendala sinyal. Panitia telah menyiapkan beberapa cadangan jika Wifi Jurusan terputus yaitu dengan hotspot Kartu By.U dan Modem.

Pembukaan oleh WD3 PNB

Hasil penyisihan dicari 10 besar untuk masuk ke babak Final. Adapun peserta yang masuk ke Babak Final yaitu :

  1. Kadek Reni Puspawati (Politeknik Negeri Bali)
  2. Gede Made Ananda Cipta Nugraha (Universitas Udayana)
  3. I Gede Yoga Mahendra (Politeknik Negeri Bali)
  4. Made Yogi Mahendra (Politeknik Negeri Bali)
  5. Oktafia Rida Ayuningtyas (Politeknik Negeri Bali)
  6. I Made Suparsa (Universitas Mahasaraswati)
  7. Ni Wayan Asri Yuni Swari (Politeknik Negeri Bali)
  8. Khozimah (Politeknik Suwunggalih Aji)
  9. Kadek Egiana Sandy (Universitas Udayana)
  10. Kadek Sri Adelia Lestari (Politeknik Negeri Bali)

 

Pada babak final terdapat 2 tes yaitu Final-kasus dan Final-presentasi karya tulis. Final-kasus dimulai pukul 12.10-13.10 WITA dengan aplikasi MYOB versi 20 Singapore. Final-presentasi dimulai pukul 14.00-16.00 WITA dengan media Google meet dan dinilai oleh dewan juri. Babak Final dicari 6 besar dan untuk menjadi juara didapatkan urutan dengan akumulasi nilai penyisihan dan final. Adapun Hasil Juara adalah sebagai berikut :

  1. Kadek Reni Puspawati (Politeknik Negeri Bali)
  2. Gede Made Ananda Cipta Nugraha (Universitas Udayana)
  3. I Gede Yoga Mahendra (Politeknik Negeri Bali)
  4. Oktafia Rida Ayuningtyas (Politeknik Negeri Bali)
  5. Ni Wayan Asri Yuni Swari (Politeknik Negeri Bali)
  6. Kadek Egiana Sandy (Universitas Udayana)

Dan Juara Umum dalam kegiatan Lomba Akuntansi X yang berhasil merebutkan Piala Bergilir Direktur Politeknik Negeri Bali adalah Politeknik Negeri Bali.

Pada hari yang sam juga diselenggarakan Accounting and Tax Competition yang dilaksanakan untuk mempersiapkan dan mencetak generasi berkualitas yang unggul di bidang akuntansi dan perpajakan, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali bersama dengan Direktorat Jendral Pajak Kantor Wilayah Bali menyelenggarakan kegiatan ini untuk mahasiswa/I D3, D4/S1 Akuntansi dan Perpajakan se-Indonesia. Pada tahun 2020, Accounting and Tax Competition (ANTAX) sudah menginjak umur yang ke-VII dengan mengambil tema “Melalui Kompetisi Tingkatkan Intelektualitas Menuju Generasi Berkualitas”.

Peserta Accounting and Tax Competition terdiri dari 93 orang yang berasal dari 24 perguruan tinggi se- Indonesia. Kepanitiaan kegiatan ini terdiri dari 53 orang yang merupakan mahasiswa semester 3 dan 5 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Dewan juri dalam kegiatan ini berjumlah 19 orang diantaranya 16 orang juri internal yaitu dosen jurusan akuntansi politeknik negeri bali dan 3 orang juri ekternal yang merupakan anggota dari Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (1 orang) dan Direktorat Jenderal Pajak (2 orang).

Acara ini telah disiapkan selama kurang lebih 1 bulan, dimana dana yang di dapat bersumber dari Direktorat Jenderal Pajak, penggalian dana, kontribusi peserta dan sponsorship. Accounting and Tax Competition (ANTAX) yang diadakan secara online ini telah berjalan dengan baik pada hari Selasa, 24 November 2020.

Accounting and Tax Competition terdiri dari 3 babak yaitu, Babak penyisihan, babak semi final dan babak final. Dimana, dalam babak penyisihan peserta mengerjakan soal multiple choice dan fill in the blank dengan media google form dalam waktu 90 menit yang diawasi oleh panitia melalui google meet. Dari babak penyisihan diperoleh 20 besar untuk menuju babak semi final. Pada babak semi final ini, peserta menjawab 10 soal pada aplikasi kahoot dengan menekankan ketepatan serta kecepatan. Pada babak semi final ini peserta mengerjakan soal dengan waktu 5 menit untuk disaring menjadi 6 besar yang akan menuju babak final. Babak final Accounting and Tax Competition yaitu debat yang terdiri dari 3 sesi, sehingga peserta dibagi menjadi 2 orang setiap sesi nya.

Juara dalam Accounting and Tax Competition berhasil diraih oleh :

  • Dimas Nur Agni Priadana dari Universitas Indonesia sebagai Juara 1
  • Violin Meidy Theresia dari Universitas Pelita Harapan sebagai Juara 2
  • Nazla Alivah Faridah dari Universitas sebagai Juara 3
  • Abdul Al-Malik Al-Muluk dari PKN STAN sebagai Juara Harapan I
  • Muhammad Alfa Rizky dari Universitas Trisakti sebagai Juara Harapan II

Dan Juara Umum dalam kegiatan Accounting and Tax Competition VII yang berhasil merebutkan Piala Bergilir Direktorat Jenderal Pajak adalah Universitas Indonesia.

Tags: lomba, akuntansi, tax, pajak

Go to top of page