Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Jurusan Akuntansi - Politeknik Negeri Bali

Penawaran Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) Tahun Anggaran 2021

Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan memiliki daya saing, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus-menerus berupaya meningkatkan kompetensi dan professionalitas bagi mahasiswa dan lulusan pendidikan tinggi vokasi melalui berbagai program. Dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan dari mahasiswa pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud menyelenggarakan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) Tahun 2021.

Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi diharapkan mampu mendukung visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 dan Kampus Merdeka untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan, pelatihan dan praktek kewirausahaan. Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi diharapkan juga dapat menghasilkan karya kreatif, inovatif yang dibutuhkan oleh masyarakat dan memiliki peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa sedini mungkin. Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi menitikberatkan pada peluang usaha yang berbasis pada permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi masyarakat.

Tahapan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi Tahun 2021 meliputi sosialisasi, workshop, penerimaan proposal, seleksi proposal, pengumuman hasil seleksi, pelaksanaan kegiatan usaha, penilaian kemajuan pelaksanaan kegiatan serta pelaporan. Program ini mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mendorong pengembangan inovasi terapan dan menerapkannya di sektor industri baik langsung maupun tidak langsung. Menindaklanjuti kebijakan tersebut, Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi meluncurkan Program Bantuan Pemerintah Wirausaha Mahasiswa Vokasi Tahun 2021 selanjutnya disebut Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) Tahun 2021 untuk memfasilitasi 900 mahasiswa (180 kelompok) dengan pendanaan sebesa 10-35 juta rupiah per proposal/kelompok. Dengan berjalannya waktu, jumlah ini dapat berubah sejalan dengan evaluasi kebutuhan nyata dari industri wirausaha.

Pedoman/Petunjuk Teknis (Juknis) PWMV 2021 ini dapat diunduh disini

 

Tujuan Program

Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi Tahun 2021, bertujuan sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan karakter wirausaha bagi mahasiswa vokasi;
  2. Mengembangkan wirausaha baru yang kreatif dan inovatif berbasis teknologi;
  3. Meningkatkan hasil (revenue) usaha mahasiswa;
  4. Memfasilitasi usaha mahasiswa untuk mendapatkan legalitas usaha, akses permodalan dan perluasan akses pasar; dan 5. Implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 

Adapun luaran yang diharapkan adalah:

  1. Meningkatnya jumlah mahasiswa vokasi yang berwirausaha;
  2. Bertambahnya wirausaha baru yang kreatif dan inovatif berbasis teknologi terapan;
  3. Tersedianya profil usaha dari mahasiswa vokasi;
  4. Terbentuknya usaha mahasiswa yang memiliki legalitas usaha; dan
  5. Pengakuan kegiatan wirausaha dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

 

Tags: Wirausaha, mahasiswa

Go to top of page