Contact Us
Webmail
Seputar Jurusan Akuntansi
  • Recognition Current Competency (RCC) dan Upgrading Asesor (21 Mar 2016)
  • Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali saat ini telah memiliki total 19 asesor yang berada di bawah naungan LSP-TA (Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi) dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dua asesor baru terlahir dari pelatihan asesor yang diadakan di Kota Malang pada tanggal 8-13 Maret 2016. Adapun Dua asesor baru tersebut adalah Wayan Hesadijaya Utthavi, S.E, M.Si dan Drs. Ec. I Ketut Suandi, M.Pd., Ak. Selain melahirkan asesor baru, kegiatan ini juga meliputi Recognition Current Competency atau Upgrade asesor yang biasanya dilakukan setiap 3 tahun sekali. Kegiatan RCC ini dilakukan dengan tujuan mensosialisasikan jenis formulir baru yang harus ada pada saat proses asesmen. Adapun beberapa asesor yang mengikuti kegiatan RCC ini berjumlah 13 orang yaitu:

    1. I Made Bagiada, SE.M.Si, Ak
    2. Drs. Ec. I.B. Anom Yasa, MM., Ak
    3. Dra. Ni Ketut Masih,MM
    4. Drs. I Nyoman Sutama, M.Pd
    5. Dr. I Nym Sentosa Hardika, MM.,Ak,BKP
    6. I Nyoman Sugiarta, S.E., M.M.A.
    7. Drs. Ec. I Ketut Sukayasa, M.Com.,Ak
    8. I Ketut Parnata, S.E.,M.M.A., Ak.
    9. Cening Ardina, S.E., M.Agb
    10. Desak Putu Suciwati, S.E., M.Si.
    11. Drs. I Dewa Made Mahayana,M.Si
    12. Drs. Istiarto, M.M.A.
    13. I Made Sudana, S.E., M.Si

     

    RCC dan Upgrading

    Upgrading dan RCC

    (selengkapnya...)

  • Sosialisasi e-filling oleh Ditjen Pajak (21 Mar 2016)
  • Pelaporan SPT mulai tahun ini tidak lagi memberlakukan sistem manual. Tahun ini pelaporan SPT diwajibkan melalui sistem online dengan menggunakan program e-filling yang telah disediakan oleh Ditjen Pajak. Namun karena masyarakat umumnya belum terbiasa dengan program tersebu, maka Ditjen Pajak didampingi Jurusan Akuntansi melakukan sosialisasi pengisian e-filling dan pelaporan SPT online bertempat di Gedung Widya Guna Politeknik Negeri Bali pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2016. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan dosen dari masing-masing jurusan di Politeknik Negeri Bali serta beberapa mahasiswa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam pengisian e-filling dan pelaporan SPT Online.

    Sosialisasi e-filling

    (selengkapnya...)

  • Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) di Kecamatan Abang, Kab. Karangasem (21 Mar 2016)
  • Beberapa dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali turut serta sebagai asesor dalam kegiatan Uji Kompetensi  Kejuruan (UKK) yang diadakan pada tanggal 14-16 Maret 2016 lalu di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Adapun dosen yang terlibat sebagai asesor adalah I Made Bagiada SE, M.Si. Ak;  Cening Ardina, SE., M.Agb; dan I Made Agus Putrayasa, SE, M.SA.Ak.  UKK ini diikuti oleh siswa kelas 3 SMK 1 Abang dan SMK Kubu dengan jumlah total  peserta 114 orang. Ujian ini dilaksanakan dengan dua tahap yaitu ujian tertulis dan ujian praktek. Adapun materi uji pada UKK ini meliputi Jurnal, Buku Besar, Laporan Keuangan, dan Akuntansi Komputer. UKK ini diawasi dan diperiksa langsung oleh asesor yang bertugas, di mana pada UKK ini asesor dipercayakan dari Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. 

    (selengkapnya...)

  • Sosialisasi Uji Sertifikasi CPA dan Penandatanganan Kerjasama Antara IAPI dan LSP TA (04 Mar 2016)
  • Pada tanggal 25 Februari 2016 telah dilaksanakan Sosialisasi Uji Sertifikasi CPA dan Penandatanganan Kerjasama Antara IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia) dan LSP TA (Lembaga Sertifikasi Profesi Tekniksi Akuntansi) yang bertempat di Universitas Tri Sakti, Jakarta. Acara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh pejabat Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, termasuk pejabat Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali yang kali ini diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan Akuntansi, I Made Bagiada, SE., M.Si. Ak. Dan Ketua Program Studi DIII Jurusan Akuntansi, Ketut Arya Bayu Wicaksana, SE., M.Si. Ak.

    Pada pertemuan tersebut, IAPI mensosialisasikan bahwa terdapat tiga tingkatan sertifikasi yang disediakan dalam uji sertifikasi IAPI, yaitu ACPAI (Associate Certified Professional Auditor of Indonesia) yang merupakan ujian tingkat dasar; CPAI (Certified Professional Auditor of Indonesia) yang merupakan ujian tingkat intermediate; dan ujian tingkat lanjutan – level partner yang disebut CPA (Certified Public Accountant of Indonesia). Persyaratan uji sertifikasi ini adalah pendidikan minimal D4/S1/PPAk. Namun khusus untuk ACPAI, uji sertifikasi telah dapat dilaksanakan walaupun peserta belum menyelesaikan studi (min D4). Namun sertifikat kelulusan akan diserahkan saat peserta telah menyelesaikan studi di bangku perkuliahan.

    Kerjasama dilakukan oleh IAPI dengan LSP TA, di antaranya kerjasama mengenai pengakuan materi ujian. Jika peserta telah pernah menjalani uji sertifikasi pada LSP TA, kemudian ingin menjalani uji sertifikasi pada IAPI, maka mata ujian yang pernah dijalani pada LSP TA tidak diujiankan lagi pada uji sertifikasi IAPI.

    Berminat mengikuti ujian sertifikasi? Siapkan diri dari sekarang!

    Sosialisasi Uji Sertifikasi CPA dan Kerja sama IAPI dan LSP TA

    Penandatanganan Kerja Sama Antara IAPI dan LSP TA

    Dihadiri oleh Pejabat Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia

    (selengkapnya...)

  • Sosialisasi Uji Sertifikasi CPA dan Penandatanganan Kerjasama Antara IAPI dan LSP TA (03 Mar 2016)
  • img_20160303_211837Pada tanggal 25 Februari 2016 telah dilaksanakan Sosialisasi Uji Sertifikasi CPA dan Penandatanganan Kerjasama Antara IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia) dan LSP TA (Lembaga Sertifikasi Profesi Tekniksi Akuntansi) yang bertempat di Universitas Tri Sakti, Jakarta. Acara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh pejabat Jurusan Akuntansi Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, termasuk pejabat Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali yang kali ini diwakilkan oleh Sekretaris Jurusan Akuntansi, I Made Bagiada, SE., M.Si. Ak. Dan Ketua Program Studi DIII Jurusan Akuntansi, Ketut Arya Bayu Wicaksana, SE., M.Si. Ak. (selengkapnya...)

  • Pembukaan Olimpiade Akuntansi XVI - Lomba Akuntansi V - Antax Competition II (07 May 2015)
  • pembukaan.[1]

    Pada hari Jumat, tanggal 8 Mei 2016 pada pukul 10.30 Wita telah dilakukan pembukaan Olimpiade Akuntansi XVI, Lomba Akuntansi, Antax Competition yang dilaksanakan di Gedung Widya Padma Politeknik Negeri Bali. Olimpiade Akuntansi ini diikuti oleh siswa-siswi SMA dan SMK se-Indonesia. Sedangkan Lomba Akuntansi diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Politeknik, Universitas, dan Sekolah Tinggi di Indonesia.

    (selengkapnya...)

  • Accounting and Tax Competition II akan Diadakan pada Tanggal 8 Mei 2015 Mendatang (20 Apr 2015)
  • Tahu apa itu pajak ? Sudah tentu pastinya tahu. Karena pajak merupakan hal yang sangat berperan penting dalam kehidupan bernegara, karena ditangkap dari pengertiannya bahwa pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara untuk kemakmuran rakyat.

    Para mahasiswa khususnya pada bidang ekonomi pasti tentunya mendapatkan mata kuliah tentang pajak. Sudah tentu ada beberapa mahasiswa yang tertarik dengan perpajakan antara lain Ketentuan Umum Pajak (KUP), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan yang lainnya. (selengkapnya...)

  • Lomba Akuntansi V Akan Diselenggarakan pada Tanggal 8 Mei 2015 Mendatang (20 Apr 2015)
  • Siapa bilang Akuntansi itu sulit ? Memang sebagian besar para mahasiswa tidak percaya diri dengan yang namanya Akuntansi. Memang benar Akuntansi itu sulit tetapi jika kita lihat dari sisi yang lain, bahwa ternyata Akuntansi itu sangatlah menyenangkan dimana dengan belajar dan mendalami Akuntansi kita dapat memacu pola pikir dalam mengatasi sebuah permasalahan di sebuah perusahaan dalam dunia kerja nantinya dan ernyata tidak sedikit mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dalam bidang akuntansi walaupun banyak yang mengatakan Akuntansi itu sulit. (selengkapnya...)

BANNER1.jpg BANNER.jpg BANNER3.jpg

  • Pengunjung: 38741 | Online:2

Jurusan Akuntansi

Telp : +62 (0361)701981
Fax : +62 (0361)701128
Alamat :
Kampus Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung Selatan - Bali
PO BOX 1064 Tuban
E-mail : akuntansi@pnb.ac.id