Telp.: +62(0361)701981 | Fax.: +62 (0361)701128 | E-mail: akuntansi@pnb.ac.id

Akuntansi PNB Politeknik Negeri Bali

ws_kurikulum_2016.jpg

Workshop Kurikulum

Workshop Kurikulum Jurusan Akuntansi diselenggarakan di CLV Villas pada tanggal 5 s.d 6 Nopember 2016

pengabdian_17Okt2016.jpg

Pengabdian Masyarakat

Bimbingan teknis Pengelolaan Keuangan Desa pada desa se-Kecamatan Banjar, Singaraja oleh Tim Pengabdian Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Pengabdian ini diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2016.

yudisium.jpg

Pelepasan Calon Wisudawan (Yudisium) ke-28

Pelepasan Calon Wisudawan (Yudisium) ke-28 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 25 Agustus 2016 di Gedung Widya Padma Politeknik Negeri Bali.

gambar1.jpg

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

Jurusan Akuntansi memiliki prasarana yang memadai dan pemanfaatannya sepenuhnya dipergunakan untuk kepentingan mahasiswa. Sarana dan prasarana yang tersedia berupa ruang kuliah, ruang lab komputer, ruang lab manual, ruang Administrasi, ruang Multimedia, resource center, ruang dosen, ruang konseling beserta segala kelengkapannya sudah sesuai dan mencukupi.

Selamat Datang di Website Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali didirikan tahun 1985 berdasarkan Surat Keputusan No. 80/DIKTI/Kep/1985 tertanggal 3 Desember 1985, dengan kuliah perdana dimulai pada tanggal 5 Oktober 1987, Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 081/O/1997 tanggal 28 April 1997. Kemudian, SK ini diperbaharui dengan SK. 127 tertanggal 31 Juli 2002.

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali, sampai saat ini masih terfavorit bagi lulusan SMA maupun SMK. Harapan mereka, setelah menyelesaikan studi ingin menjadi tenaga profesional di bidang akuntansi dan berdaya saing global. Lulusan yang telah terbukti diterima bekerja di perusahaan swasta terkemuka, BUMN, maupun instansi pemerintah, dengan biaya pendidikan yang terjangkau

Didukung oleh dosen-dosen berkualifikasi S2 dan S3, baik lulusan luar negeri maupun dalam negeri yang memiliki kemampuan praktis dan teoretis serta didukung oleh sumber daya pendidikan lainnya yang representatif

Proses belajar mengajar sangat intensif dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan pembelajaran dikemas dengan "MEANING FULL LEARNING CONCEPT" serta tersedia Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknisi Akuntansi

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali, memiliki dua program studi: D3 Akuntansi dan D4 Akuntansi Manajerial

Program Studi

D3 Akuntansi

BAN-PT

Terakreditasi "A"

SK No.1457/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2016

Menghasilkan teknisi akuntansi madya yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi, menguasai konsep teoritis akuntansi secara umum dan konsep-konsep lain yang relevan untuk menyelesaikan masalah dan/atau pekerjaan di bidang akuntansi, mampu bekerja sama dan berkomunikasi secara efektif dalam sebuah kelompok kerja, mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan di bidang akuntansi.

Program Studi

D4 Akuntansi Manajerial

BAN-PT

Terakreditasi "B"

SK No.013

Menghasilkan sarjana terapan di bidang Akuntansi Manajerial yang dilandasi dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang memiliki ketrampilan dan didukung oleh pengetahuan di bidang akuntansi, perpajakan, manajemen, dan investasi pasar modal yang kompeten, profesional, berkarakter, dan berjiwa wirausaha sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Seputar Jurusan Akuntansi

Have Fun Akuntansi 2016

26 Nov 2016

Sebagai ajang mengakrabkan civitas akademik (mahasiswa, dosen, dan pegawai), HMJ Akuntansi menyelenggarakan Have Fun Akuntansi. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan terakhir yang diselenggarakan oleh HMJ AKuntansi. Have Fun AKuntansi 2016 diselenggarakan di Kebun Raya Bedugul yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru, dosen, dan pegawai di Jurusan Akuntansi. Acara ini dibuka oleh Ketua Jurusan Akuntansi dan dimulai dengan jalan santai. Pada kegiatan ini juga terdapat beberapa lomba, yaitu lomba yel-yel dan goyang sambalado antar kelas, lomba tarik tambang, lomba kelereng, lomba memasukkan paku ke dalam boltol, dan lomba memecahkan balon. Keceriaan terlihat pada seluruh peserta Have Fun Akuntansi. 

 

selengkapnya

Accounting and Economic Competition (ACE)

19 Nov 2016

Jurusan Akuntansi menggelar Accounting and Economic Competition (ACE) pada hari Jumat, tanggal 18 November 2016. Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Jurusan Akuntansi yang melibatkan seluruh mahasiswa baru (semester 1) sebagai peserta lomba. Pada tahun ini tema yang diusung adalah "ACE Competition media kompetisi mahasiswa dalam bidang ekonomi yang profesional dan berdaya saing internasional". Peserta pada lomba ini berbasis tim yang terdiri dari tiga orang mahasiswa. Lomba ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan yang merupakan ujian tertulis bagi seluruh mahasiswa per individu, lalu nilai individual tersebut dijumlahkan berdasarkan tim. Lima tim dengan nilai akumulasi tertinggi akan masuk ke babak final yang terbagi menjadi dua tahap yaitu pengerjaan kasus dan cerdas cermat. 

selengkapnya

Pengabdian Masyarakat Jurusan Akuntansi di Kecamatan Banjar

17 Oct 2016

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali kembali mengadakan pengabdian kepada masyarakat yang kali ini bertempat di Kecamata Banjar, SIngaraja, Bueleng. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 17 Oktober tahun 2016 di Kantor Camat Banjar. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan perangkat desa se-kecamatan Banjar, Singaraja, Buleleng. selengkapnya

Tirtha Yatra Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

17 Oct 2016

Senin, 17 Oktober 2016 dosen-dosen jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali melakukan persembahyangan bersama ke pura-pura (tirtha yatra). Tirtha yatra ini dilakukan setelah selesainya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Banjar, Singaraja, Kab Buleleng. Tempat tujuan tirta yatra adalah Pura Pura Luhur Pasar Agung, Pura Melanting, dan Pura Pulaki. selengkapnya

Seminar Nasional Kreatif Perpajakan HMJ Akuntans

24 Sep 2016

Himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Akuntansi kembali menggelar Seminar Nasional Kreatif Perpajakan (SNKP) yang merupakan angenda tahunan dari HMJ Akuntansi. SNKP tahun 2016 ini diselenggarakan di gedung Widya Guna Politeknik Negeri Bali pada tanggal 24 September 2016. selengkapnya

Seminar Perpajakan Jurusan Akuntansi

15 Sep 2016

Pada hari Kamis, 15 September 2016, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali mengadakan seminar perpajakan Jurusan AKuntansi di Gedung Widya Guna Politeknik Negeri Bali. Seminar yang mengangkat tema “Tax Amnesty untuk Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak” ini dihadiri oleh 60 peserta mahasiswa jurusan Akuntansi dan 40 peserta dosen lingkungan Politeknik Negeri Bali. Direktur Politeknik Negeri Bali serta Pembantu Direktur 1 Politeknik Negeri Bali turut hadir dalam seminar ini. Narasumber yang diundang pada seminar ini adalah ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) cabang Bali, I Kadek Agus Ardika, SE., SH., M.Si. Ak, CA, BKP dan kosultan pajak dari kantor LMATS, I Gusti Putu Ngurah Eka Putra Wijaya, S.St., BKP.

selengkapnya

Yudisium Ke-28 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali

25 Aug 2016

Pelepasan Calon Wisudawan (Yudisium) ke-28 Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 25 Agustus 2016 di Gedung Widya Padma Politeknik Negeri Bali. Acara ini merupakan agenda tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Acara Yudisium tahun ini dihadiri oleh seluruh calon wisudawan Jurusan AKuntansi baik Program Studi D3 Akuntansi maupun D4 Akuntansi Manajerial.
selengkapnya

Pengabdian Masyarakat Jurusan Akuntansi di Desa Sukawati, Gianyar.

29 Jul 2016

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kewajiban insan akademik sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurusan Akuntansi secara rutin melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan pengabdian pada masyarakat pada pertengahan tahun 2016 ini dilaksanakan di Desa Sekawati dengan judul kegiatan “Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa pada Desa Se-Kecamatan Sukawati” pada tanggal 28 Juli 2016 di Kantor Camat Sukawati, Kabupaten Gianyar. selengkapnya

Ukiran Prestasi pada National Polytechnic English Olympic (NPEO) 2016 di Batam

29 Jul 2016

Olimpiade nasional Bahasa Inggris se-Politeknik di Indonesia (National Polytechnic English Olympic/ NPEO) pada tahun ini diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam. Even tahunan ini diselenggarakan pada tanggal 24 – 29 Juli 2016. Pada even ini terdapat dua tipe kompetisi yaitu NPEDC (National Polytechnic English Debating Competition) dan NPSC (National Polytechnic Speech Competition) yang terdiri atas tiga kategori lomba, yaitu Speech (Demonstration, Speaking, Special Occasion, Public Address), News Casting (TV newscasting and Radio News Casting), dan Story Telling (Dramatic Speech and Solo Acting).

selengkapnya

Olimpiade Akuntansi XVII, Lomba Akuntansi VI, dan ANTAX III

15 May 2016

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) AKuntansi melaksanakan program tahunan himpunan yaitu Olimpiada Akuntansi XVII, Lomba Akuntansi VI, dan ANtax III pada hari Jumat tanggal 13 Mei 2016 bertempat di Politeknik Negeri Bali. Kegiatan ini merupakan kegiatan berskala nasional yang diikuti oleh pelajar seluruh Indonesia. Adapun tema yang diusung tahun ini bertajuk “Akuntansi dan Perpajakan Sebagai Pondasi Pencetak Sumber Daya Manusia yang Kompeten dan Berintegritas dalam Persaingan Global”. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terjalinnya kerja sama antara perguruan tinggi di Indonesia dan terjadinya pertemuan ilmiah antara pelajar dan pendidik ilmu Akuntansi se-Indonesia.

Kegiatan ini turut dihadiri Ikatan Akuntan Indonesia, Perwakilan Kantor Wilayah Pajak Provinsi Bali, dan dibuka secara resmi oleh perwakilan Gubernur Provinsi Bali dengan pemukulan gong.

selengkapnya

Recognition Current Competency (RCC) dan Upgrading Asesor

21 Mar 2016

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali saat ini telah memiliki total 19 asesor yang berada di bawah naungan LSP-TA (Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi) dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Dua asesor baru terlahir dari pelatihan asesor yang diadakan di Kota Malang pada tanggal 8-13 Maret 2016. Adapun Dua asesor baru tersebut adalah Wayan Hesadijaya Utthavi, S.E, M.Si dan Drs. Ec. I Ketut Suandi, M.Pd., Ak. Selain melahirkan asesor baru, kegiatan ini juga meliputi Recognition Current Competency atau Upgrade asesor yang biasanya dilakukan setiap 3 tahun sekali. selengkapnya

Sosialisasi e-filling oleh Ditjen Pajak

21 Mar 2016

Pelaporan SPT mulai tahun ini tidak lagi memberlakukan sistem manual. Tahun ini pelaporan SPT diwajibkan melalui sistem online dengan menggunakan program e-filling yang telah disediakan oleh Ditjen Pajak. Namun karena masyarakat umumnya belum terbiasa dengan program tersebu, maka Ditjen Pajak didampingi Jurusan Akuntansi melakukan sosialisasi pengisian e-filling dan pelaporan SPT online bertempat di Gedung Widya Guna Politeknik Negeri Bali pada hari Rabu tanggal 16 Maret 2016. selengkapnya

Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) di Kecamatan Abang, Kab. Karangasem

21 Mar 2016

Beberapa dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali turut serta sebagai asesor dalam kegiatan Uji Kompetensi  Kejuruan (UKK) yang diadakan pada tanggal 14-16 Maret 2016 lalu di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Adapun dosen yang terlibat sebagai asesor adalah I Made Bagiada SE, M.Si. Ak;  Cening Ardina, SE., M.Agb; dan I Made Agus Putrayasa, SE, M.SA.Ak.  UKK ini diikuti oleh siswa kelas 3 SMK 1 Abang dan SMK Kubu dengan jumlah total  peserta 114 orang. Ujian ini dilaksanakan dengan dua tahap yaitu ujian tertulis dan ujian praktek. Adapun materi uji pada UKK ini meliputi Jurnal, Buku Besar, Laporan Keuangan, dan Akuntansi Komputer. UKK ini diawasi dan diperiksa langsung oleh asesor yang bertugas, di mana pada UKK ini asesor dipercayakan dari Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. 

selengkapnya

Go to top of page